Notification

×

Lakukan Monitoring, Fakultas Hukum UNDANA Tawar Kerja Sama Dengan LBH Surya NTT

Minggu, 27 November 2022 | November 27, 2022 WIB Last Updated 2022-11-27T09:02:46Z
Foto bersama usai pertemuan bersama DPL dan Ketua LBH Surya NTT, (foto Fakta Line).
Kupang, Fakta Line - Nama LBH Surya NTT sangat meroket karena tempat berkumpulnya puluhan pengacara dan tempat belajar para paralegal. LBH Surya NTT ditelinga masyarakat NTT tidak asing lagi karena telah menangani banyak kasus.


Hal ini dikatakan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa magang Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang, Rosalind Angel Fanggi, S.H.,M.H, saat melakukan monitoring terhadap mahasiswa magang di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surya NTT pada Jumad, (25/11/2022). 


Kunjungan DPL tersebut diterima langsung oleh Ketua LBH Surya NTT, E. Nita Juwita, S.H.,M.H. Pada kesempatan itu, DPL UNDANA Kupang, Rosalind Angel Fanggi, S.H.,M.H, mengucapkan terima kasih kepada pihak LBH Surya NTT karena telah menerima 10 orang mahasiswa magang untuk belajar ditempat ini.


Ia juga mengatakan bahwa ditempat ini mahasiswa dapat mempraktikan teori-teori hukum yang telah diperoleh dari dunia kampus. "Disini mahasiswa dapat membedakan teori hukum dan praktik hukum," ungkap Dosen Fakultas UNDANA itu.


Ditengah perbincangan, DPL menawarkan kerja sama dengan pihak LBH Surya NTT. "Hari ini saya secara lisan menyampaikan terlebih dahulu tetapi nanti ada surat secara resmi dari Fakultas untuk LBH agar kita dapat membicarakannya lebih serius lagi. Rencananya ditanggal (5/12/2022) mendatang," jelasnya.


Ditempat yang sama juga, Ketua LBH Surya NTT, E. Nita Juwita, S.H.,M.H, mengatakan bahwa di LBH Surya NTT sudah banyak perkara yang ditangani. 


"Disini berbagai macam perkara sudah kami tangani. Disini juga banyak pengacara, jadi banyak juga kasus yang ditangani," ungkap Ketua LBH Surya NTT yang kerap disapa Nita.


Pengacara perempuan yang bernada dingin itu menjelaskan bahwa untuk mahasiswa UNDANA sendiri baru kali ini magang di LBH Surya NTT. Tetapi untuk pengacara dan paralegal disini 75% alumni dari fakultas hukum UNDANA, jelas Nita.


Dia juga menyampaikan dengan senang hati LBH Surya NTT menerima tawaran kerja sama dengan fakultas hukum UNDANA. "Kami tunggu saja undangan dari fakultas untuk kita bicarakan lebih lanjut," ujar Ketua LBH itu.


Sementara itu, salah satu Paralegal LBH Surya NTT, yang biasa disapa Iin, menambahkan bahwa mahasiswa yang magang disini setiap harinya selalu dengan kami. Kami selalu berbagi ilmu dan pengalaman kepada mereka. 


"Disini mereka langsung belajar membuat surat Kuasa, ikut pengacara ke pengadilan untuk menyaksikan persidangan, dan melakukan pendampingan klien ke Polda NTT dan Polres Kupang Kota. Ditempat ini juga mereka dapat belajar secara langsung praktik hukum." Jelas wanita berkulit putih yang selalu tegas dalam belajar.

(GM)