Notification

×

Kejar Nilai Akhir Semester, Prodi Penjaskesrek UNDANA Sosialisasikan Permainan Tradisional Kepada SD Se-Kota Kupang

Minggu, 11 Desember 2022 | Desember 11, 2022 WIB Last Updated 2022-12-11T10:39:35Z
Foto: Fakta Line
Kupang, Fakta Line - Program Studi (PRODI) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PENJASKESREK) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang menggelar Sosialisasi Permainan Kecil dan Olahraga Tradisional Anak SD Se-Kota Kupang.


Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, (10/12/2022) bertempat di halaman PRODI PENJASKESREK. Sebelum kegiatan inti dimulai terlebih dahulu diawali dengan senam bersama yang di pimpinan oleh mahasiswa PENJASKESREK semester lima.


Ketua Panitia, Dede Bunga, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan persyaratan untuk mendapatkan nilai akhir semester dari mata kuliah Permainan Kecil dan Olahraga Tradisional.


"Yang menginisiasi kegiatan ini adalah mahasiswa PENJASKESREK semester satu dan merupakan kesepakatan antara Dosen Pengasuh mata kuliah dan mahasiswa untuk mendapatkan nilai akhir semester. Kegiatan ini bisa berjalan berkat semua teman-teman semester satu yang sudah membantu dan bekerja sama dalam menggalang dana sampai dengan terlaksananya kegiatan ini," jelas Ketua Panitia.


Hal senada juga disampaikan oleh Dosen Pengasuh Mata kuliah, Michael  J. H. Louk, S. Pd. M. Or. Dirinya mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu persyaratan untuk mendapatkan nilai akhir semester dan sudah menjadi tradisi dan rutinitas PRODI PENJASKESREK pada mata kuliah Permainan Kecil dan Olahraga Tradisional.


"Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan nilai akhir semester dan juga mengenal kembali permainan tradisional yang semakin pudar dari anak-anak SD karena sudah mengenal HP sehingga mengabaikan Permainan- Permainan Tradisional, dan sudah banyak temuan di berbagai SD bahwa banyak sekali permainan tradisional yang sudah tidak dijalankan lagi. Oleh karena itu mahasiswa PENJASKESREK melalui mata kuliah Permainan Kecil dan Olahraga Tradisional melakukan kegiatan ini agar dapat mengingatkan kembali permainan tradisional ini," ujar Michael.


Mahasiswa semester satau, Kesi Maulida Ningsi, menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membakar semangat anak-anak SD dan mengembangkan kemampuan Motorik halus dan kasar melalui permainan tradisional. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang pembelajaran bagi mahasiswa semester satu untuk bagaimana menjalankan suatu kegiatan dengan baik, terangnya.


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan piala kepada SD yang menjadi juara dalam lima perlombaan permainan ini.


Sekolah-sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah SD Inpres Oesapa kecil 1, SDN Oesapa kecil 2, dan SDI bertingkat 1 Kelapa Lima. Adapun rangkaian permainan yang dilombakan diantaranya gala asing, balap karung, benteng, kakiak, dan balap kelereng.

Ocep purek