Notification

×

Melki Laka Lena Salurkan Bantuan Rumah di 12 Kabupaten Dapil NTT 2

Selasa, 06 Desember 2022 | Desember 06, 2022 WIB Last Updated 2022-12-05T16:41:27Z
Rote, Fakta Line - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, memberikan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi 160 warga di 12 Kabupaten daerah pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur (NTT) 2 yang meliputi Kab. Belu, Kab. Malaka, Kab. Timor Tengah Utara, Kab. Timor Tengah Selatan, Kab. Kupang, Kota Kupang, Kab. Rote Ndao, Kab. Sabu Raijua, Kab. Sumba Barat, Kab. Sumba Barat Daya, Kab. Sumba Tengah, dan Kab. Sumba Timur.

Melki Laka Lena saat meninjau pembangunan rumah BSPS di beberapa lokasi di Kabupaten Rote Ndao, pihaknya menyebut 160 warga NTT yang mendapat Program BSPS ini merupakan hasil perjuangannya di DPR RI dengan melakukan kerjasama lintas Komisi yaitu Komisi V DPR RI yang bermitra langsung dengan Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang melaksanakan program BSPS.


Melki menjelaskan ada 12 kabupaten di dapil NTT 2 yang menerima bantuan BSPS yaitu Kab. Belu, 11 Rumah, Kab. Malaka 10 Rumah, Kab. Timor Tengah Utara, 13 Rumah, Kab. Timor Tengah Selatan, 19 Rumah, Kab. Kupang, 15 Rumah, Kota Kupang, 21 Rumah, Kab. Rote Ndao, 10  Rumah, Kab. Sabu Raijua, 11 Rumah, Kab. Sumba Barat, 10 Rumah,  Kab. Sumba Barat Daya, 19 Rumah, Kab. Sumba Tengah, 10 Rumah, dan Kab. Sumba Timur, 11 Rumah.


"Program BSPS ini adalah bantuan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau tidak mampu yang masih tinggal di rumah tidak layak huni. Ada 160 orang usulan kami yang menerima BSPS Tahun 2022 ini. Total bantuan untuk pembangunan 160 rumah ini sebesar tiga miliar dua ratus juta rupiah dengan rincian masing-masing mendapatkan bantuan stimulus sebesar dua puluh juta rupiah," jelas Ketua Golkar NTT pada Minggu, (4/12/2022).


Melki menambahkan karena bantuan ini bersifat stimulus jadi harus ada swadaya dari penerima itu sendiri.


"Dengan bantuan ini diharapkan hidup mereka lebih nyaman dengan rumah tinggal yang lebih layak," ujar Melki.


Istri dari Simon Nope, Salah satu  penerima bantuan BSPS mengucapkan terima kasih kepada Melki Laka Lena yang sudah membantu mereka lewat program bedah rumah.


"Terima kasih bapa yang sudah membantu kami. Bapa Beta sonde punya apa-apa untuk balas kebaikan bapa. Semoga Tuhan Yesus memberkati" ucap Warga Mokdale, Kecamatan Lobalain ini.


Untuk diketahui sehari sebelumnya, pada Sabtu, (3/12/2022), Melki Laka Lena yang didampingi Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek, Wakil Ketua DPRD Rote Ndao, Ardi Lau dan anggota Fraksi Golkar DPRD Rote Ndao juga melaksanakan beberapa kegiatan kemitraan bersama Kemenkes RI, BPOM dan BPJS Kesehatan di Kabupaten Rote Ndao.


Kegiatan kemitraan bersama Kemenkes RI yaitu Sosialisasi HIV-AIDS dilaksanakan di Aula Kantor Camat Rote Barat Laut, dan Vaksinasi Covid-19 di tiga lokasi yaitu Puskesmas Busalangga, Kec. Rote Barat Laut, Kantor Desa Holoama, Kec. Lobalain dan Puskesmas Feapopi, Kec. Rote Tengah. Warga yang mengikuti kegiatan vaksinasi usai divaksin juga mendapat minyak goreng 1 liter secara gratis.


Sedangkan kegiatan Sosialisasi bersama BPOM dilaksanakan di Gereja GMIT Syalom Mokdale, Kec. Lobalain, dan sosialisasi program JKN-KIS bersama BPJS KESEHATAN dilaksanakan di GSJA Betlehem, Desa Siomeda, Kec. Rote Tengah.

(IM)