Notification

×

Manfaatkan Lahan Tidur, Desa Netemnanu Utara Siap Panen 1 Hektar Kacang Hijau

Jumat, 31 Maret 2023 | Maret 31, 2023 WIB Last Updated 2023-03-31T02:40:43Z
Kegiatan PKTD tahun 2022 berupa kacang hijau di Desa Netemnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Kamis (30/3/2023). Foto: Jastin Lejap
Oelamasi, Fakta Line - Kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) tahun 2022 berupa kacang hijau di Desa Netemnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siap dipanen. Kacang hijau yang ditanam dengan luas 1 hektar ini menggunakan anggaran dana desa tahun 2022. Kegiatan ini mendukung ketahanan pangan di Desa dan mengatasi Stunting dan juga sebagai kebun contoh Desa.


Kegiatan ini di mulai dari pembersihan lahan, pemagaran, penanaman. Pembersihan melibatkan masyarakat Desa yang merupakan bagian dari memberdayakan masyarakat Desa dan ini merupakan tujuan dan amanah UU Desa. Kegiatan ini di pantau langsung Kepala Desa, Pendamping Desa Kecamatan Amfoang Timur, perangkat Desa, dan TPK Desa di lokasi kegiatan PKTD. Kamis, (30/03/2023).


Pendamping Desa, Yustinus Hoba Lejap mengatakan kegiatan ini sangat bagus. Kepala Desa melakukan terobosan dengan mengkonsentrasikan kegiatan PKTD pada satu lokasi kegiatan sehingga mudah di kontrol oleh Pemerintah Desa maupun TPK Desa.


"Sebagai Pendamping Desa, saya memberikan apresiasi karena Kepala Desa, perangkat Desa dan masyarakat Desa Netemnanu Utara sangat kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan lahan tidur selama ini dan juga memanfaatkan potensi yang ada di Desa. Dan tanaman kacang hijau ini sudah siap di panen." Kata dia.


Kepala Desa Netemnanu Utara, Apriyanto K.Obe, S.Pd mengatakan kegiatan PKTD ini difokuskan pada satu lokasi sehingga dapat menghasilkan hasil yang sangat maksimal. Hal ini belajar dari pengalaman sebelumnya yang tidak di konsentrasikan pada satu lahan tidak membuahkan hasil yang maksimal.


Dia juga mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu dari misinya sebagai Kepala Desa yaitu teknologi tepat guna di bidang pertanian dengan memanfaatkan potensi pertanian yang ada di Desa dan kebun. Dia mengungkapkan, kegiatan PKTD ini menjadi kebun contoh bagi masyarakat, sehingga tidak terkesan bahwa kepala Desa dan Perangkat Desa cuman menghimbau kepada masyarakat namu memberikan contoh kepada masyarakat.


"Ini di buktikan dengan setelah aktifitas di kantor, saya mengajak perangkat Desa, pendamping Desa, TPK, Pamtas RI- RDTL dan bahkan masyarakat untuk melakukan monitoring kegiatan PKTD kebun kacang hijau dan sekaligus melakukan penyemprotan dan pembersihan lahan," pungkas Apriyanto.


Mewakili TPK Desa, Orias Nobel, menyampaikan apresiasi atas dukungan masyarakat demi kepercayaan sehingga dapat menunjuk mereka sebagai tim pelaksana kegiatan Desa, dan juga kepercayaan penuh dari Kepala Desa agar dapat membantu program Kepala Desa dalam
program pemberdayaan masyarakat Desa.

JL/Ocep Purek