Notification

×

Meningkatnya Aksi Kejahatan, Polres Kupang Gelar Operasi Miras

Jumat, 10 Maret 2023 | Maret 10, 2023 WIB Last Updated 2023-03-09T16:17:29Z
Kapolres Kupang, AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K, M.H sedang memberikan arahan terkait Operasi Samana Santa. Foto: Humas Polres Kupang (HPK).
Oelamasi, Fakta Line - Menyambut hari raya Paskah tahun 2023, Kepolisian Resor (Polres) Kupang semakin gencar meningkatkan kegiatan rutin Kepolisian dengan menggelar Operasi Miras (Minuman Keras).


"Triwulan pertama tahun 2023 ditemukan adanya peningkatan aksi kejahatan diwilayah hukum kita, itu pemicunya minuman keras," kata Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K, M.H melalui telegram. Kamis (9/3/2023).


Kapolres Kupang, memerintahkan para Kepala Satuan (Kasat) dan Kapolsek jajaran untuk secara serentak menggelar operasi tersebut agar terciptanya kondisi menjelang operasi Samana Santa tahun 2023 yang digelar selama lima belas hari, mulai hari ini, Kamis 09 Maret hingga 20 Maret 2023.


Kapolres Irwan menerbitkan telegram ini bukan tanpa dasar yang kuat. Sejak Triwulan pertama tahun 2023 ditemukan adanya peningkatan aksi kejahatan yang terjadi diwilayah hukum Polres Kupang karena dipicu minuman keras.

Kejahatan yang dimaksudkan orang nomor satu di Polres Kupang ini terfokus pada tiga tindak pidana yaitu Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Penganiayaan, dan Pengeroyokan.


"Kejahatan itu ada tiga yakni KDRT, Aniaya, dan Pengeroyokan," kata dia. 


70% kasus yang ditangani Satuan Reskrim Polres Kupang merupakan tiga kasus yang menonjol seperti yang katakan Kapolres Irwan. "Rata-rata pemicu utamanya adalah miras lokal jenis sopi dan moke." Pungkasnya.


Langkah tegas Kapolres Irwan ini patut diapresiasi. Sebab, wilayah Kabupaten Kupang merupakan daerah penyuling miras lokal yang diproduksi secara ilegal serta dilakukan secara nomaden pada lokasi yang jauh dari pantauan Polisi.

HPK/Ocep Purek