Notification

×

Mau Hidup Sehat? Kebersihan Rumah Saja Tak Cukup, Ini Kata Melki Laka Lena

Senin, 03 April 2023 | April 03, 2023 WIB Last Updated 2023-04-03T04:52:59Z
Foto: Febry Making
Kupang, Fakta Line - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, mendorong masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) agar terus menjaga sanitasi pribadi dan lingkungan sekitar.


Hal ini disampaikannya saat melakukan Sosialisasi Program Peningkatan kualitas Kesehatan Lingkungan 5 Pilar STBM di GMIT Center, Kota Kupang, pada Minggu, (2/4/2023).


"Sanitasi yang berada di rumah harus di perhatikan sehingga kenyamanan keluarga di rumah juga tetap terjaga," kata Melki Laka Lena, begitu dia disapa.


Tak hanya kebersihan di rumah yang harus dijaga. Namun, kata dia kebersihan di tempat kerja masing-masing juga menjadi sangat penting.


"Keberhasilan sanitasi di lingkungan sekolah maupun tempat kerja juga harus perlu karena akan sia-sia jika di rumah nyaman namun di Sekolah atau tempat kerja sanitasinya tidak bersih," tutur Politisi Golkar ini. 


Untuk mewujudkan dan memelihara lingkungan yang sehat, dia mengatakan, perilaku stop buang air besar sembarangan dapat diwujudkan melalui kegiatan mebudayakan perilaku buang air besar sehat yang dapat memutus alur kontaminasi kotoran manusia sebagai sumber penyakit secara berkelanjutan. Menyediakan dan memelihara sarana buang air besar yang memenuhi standar dan persyaratan kesehatan.


"Kita harus membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum yang sehat, buang sampah pada tempatnya, dan memperhatikan aliran limbah cairan rumah tangga sesuai tempatnya. Ini harus dijadikan sebagai kebiasaan agar kesehatan lingkungan tetap terjaga," jelas Melki.


Diasamping itu, Melki juga mendorong semangat anak-anak muda untuk melakukan sanitasi. Dia membuat satu perlombaan tentang kamar kos dan lingkungan kos yang paling bersih. Untuk juara 1 mendapatkan 5 juta rupiah, juara 2 mendapatkan 3 juta rupiah, juara 3 mendapatkan 2 juta rupiah, dan Dinas Kesehatan Kota kupang yang menjadi dewan juri. 


Kepala Bidang Kesehatan Lingkungan Kota Kupang, Igusty Adi Ngurah menganjurkan kepada masyarakat agar menghindari mengonsumsi alkohol, obesitas, merokok, buang air besar sembarangan, pestisida, limbah, dan asap kendaraan karena dapat berimplikasi pada kesehatan.


"Gerakan Masyarakat hidup sehat dan aktivitas fisik yang baik, makan buah dan sayur yang teratur, cek kesehatan secara teratur, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, buang air besar pada tempatnya. Karena ketika kesehatan kita di jaga maka produktivitas kita semakin meningkat," kata dia. 


Dinas Kesehatan memiliki satu program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). "Tujuan GERMAS yakni kesehatan tetap terjaga, produktivitas kita meningkat, biaya untuk berobat berkurang," pungkas dia. 

Febry Making