Notification

×

Peringati Hari Bumi, Trash Hero Lembata Tebar Tempat Sampah Ramah Lingkungan

Sabtu, 22 April 2023 | April 22, 2023 WIB Last Updated 2023-04-22T13:50:17Z
Foto bersama Trash Hero Lembata saat foto bersama sebelum menyerahkan tempat sampah ramah lingkungan ke pihak pengelola Taman Swalsa Titen Lewoleba Kabupaten Lembata.
Lewoleba, Fakta Line - Trash Hero Lembata menyebarkan sejumlah tempat sampah ramah lingkungan di taman Swalsa Titen, Lewoleba, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Aksi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional.


Tempat sampah ini dibuat dari bahan mudah terurai dan tidak menimbulkan pencemaran. 


Aksi kelompok pecinta lingkungan khusus penanggulangan sampah itu untuk menyadarkan masyarakat tentang masalah kebersihan, sekaligus mengedukasi publik penggunaan wadah berbasis ramah lingkungan. 


Leader Trash Hero Lembata, Yobin Bataona, Sabtu 22 April 2023, mengatakan aksi itu dilakukan oleh Trash Hero Lembata semata untuk memberi pemahaman bagi masyarakat umum agar lebih taat perihal kebersihan. 


"Ini untuk peringati hari bumi sedunia. Kita mau supaya masyarakat lebih sadar untuk buang sampah tidak sembarang," kata Yobin, Sabtu siang dalam keterangan tertulisnya. 


Dia menjelaskan, masalah kebersihan menjadi persoalan bersama. Taman Swalsa Titen di Kota Lewoleba menjadi titik aksi kegiatan karena memang di tempat yang kini menjadi salah satu kawasan jualan itu, tidak memiliki tempat membuang sampah. 


Trash Hero  Lembata, kata dia, sengaja menempatkan sejumlah kotak sampah di tempat jualan itu agar penjual maupun pembeli bisa membuang sampah pada tempat sampah yang disiapkan. 


Yobin berkata demikian karena memang dia prihatin dengan kesadaran membuang sampah dari masyarakat, khususnya di Lembata masih tergolong rendah.


Dia berani mengatakan hal itu berkaca dari berbagai kegiatan yang dilakukan dalam membersihkan sampah dan masih menemukan tumpukan sampah di berbagai sudut Kota. 


"Tempat sampah itu kita tempatkan di taman Swalsa Titen, supaya pengunjung maupun penjual bisa buang sampah di tempatnya yang kita siapkan ini," katanya. 


Dia kembali menegaskan agar masyarakat yang datang ke Taman Swalsa Titen Lewoleba, bisa memanfaatkan tempat sampah yang ada untuk membuang sampah. 

"Ini merupakan edukasi sekaligus dan aksi nyata agar masyarakat pada umumnya lebih tergerak membuang sampah pada tempatnya khususnya para pengunjung di swalsa titen," jelas Yobin.


Dia mengimbau masyarakat agar terus berupaya membuang sampah pada tempatnya. Sisi lain, pengurangan sampah khususnya plastik, harus mulai di gerakan dari saat ini.


Yobin mengajak masyarakat terutama kelompok anak muda agar ikut membantu masalah pencegahan dan penanggulangan sampah di Lembata. Trash Hero Lembata, kata Yobin, sangat berharap Kota Lewoleba khususnya, bisa terbebas dari persoalan sampah. 


"Sekalipun masalah sampah di berbagai daerah ini tidak pernah terselesaikan. Kita (Trash Hero) yakin pelan-pelan masyarakat tersadarkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Tujuannya agar kita terbebas dari masalah sampah," ujar dia. 

Irfan Langobelen