Notification

×

SK Guru Kontrak Provinsi Diperpanjang Gubernur NTT, Linus Lusi Minta Para Guru Memiliki Sikap Peduli dan Komitmen

Senin, 03 April 2023 | April 03, 2023 WIB Last Updated 2023-04-02T16:32:16Z
Kadis P dan K NTT, Linus Lusi, (foto: ist)
Kupang, Fakta Line - Surat Keputusan (SK) penetapan guru dan Tenaga Kependidikan (Tendik) kontrak Provinsi yang bertugas di Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di 22 Kabupaten/Kota telah di proses dan segera dibagikan. 


Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Linus Lusi, pada Sabtu, (1/4/2023).


Dia mengatakan, guru kontrak maupun Tendik kontrak yang tersebar di SMK/SMA/SLB tidak ada yang diberhentikan. 


Mengenai teka teki dan masa depan serta nasib para guru honorer kontrak Provinsi akhir-akhir ini menjadi perbincangan apakah tenaga kontrak guru dan Tendik SMA/SMK/SLB ini diperpanjang atau tidak? Pertanyaan ini akhirnya terjawab pada pekan kemarin dengan masuknya gaji untuk bulan (01/02/2023) di rekening para guru di setiap Kabupaten.


Linus menegaskan, 1679 guru kontrak dan Tendik kontrak tersebar di SMK/SMA/SLB pada prinsipnya tak ada yang diberhentikan. "Bapak Gubernur NTT tetap memperpanjang SK-nya untuk membelajarkan, melatih para siswa dan mendukung kemajuan sekolah. Selain guru negeri, guru kontrak dengan tunjangan tambahan penghasilan (Tamsil) juga menjadi perhatian khusus dan serius Pemprov NTT untuk mengurusnya selain guru negeri," jelas Linus Lusi.


Karena itu, dia meminta para guru untuk memiliki sikap peduli, komitmen, dan berjalan dalam satu irama dan gerakan untuk mendukung kebijakan pendidikan dan pembelajaran di Sekolah. Tidak ada menjadi sukses kalau mengabaikan peran guru dan Sekolah.


Gaji para guru kontrak telah ditransfer sejak kemarin (31/3). Gaji disalurkan ke Kabupaten masing-masing menjadi area Bank penyalur untuk sampai di rekening tiap guru. "Gaji guru kontrak sudah ditransfer untuk bulan Januari-Februari, silakan cek di rekening. Dan untuk honor bulan Maret sedang berproses dan segera dibayarkan," kata Linus.


Beberapa guru kontrak Provinsi yang mengajar di SMAN 1 Ile Ape Lembata saat ditanya terkait gaji para guru, mereka membenarkan gaji telah masuk di rekening tiap guru untuk dua bulan (1-2/2023). 


Salah satu guru SMAN 1 Ile Ape, Muhammad Nasurlla mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTT, Viktor Laiskodat. "Semoga amal dan bakti ini terijabah oleh Allah SWT, serta restu Leluhur Lewotanah selalu menyertai setiap jejak langkah bapak Gubernur dan Ibu. Dan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi untuk kami GTK melalui Bapak Kadis P & K, semoga Tuhan selalu menyertai kita. Amin Ya Rabbal Alamin dan Salam Sukses, Salam Literasi," ungkap dia kepada media ini.

Ocep Purek