Notification

×

Tersedia Pupuk Non Subsidi, CV Gasrem Surya Perdana Produksi Pupuk NPK dan Urea

Minggu, 30 April 2023 | April 30, 2023 WIB Last Updated 2023-04-30T10:55:13Z
Pupuk NPK dan pupuk Urea yang di produksi CV Gasrem Surya Perdana Kupang, Sabtu, (29/4/2023). Foto Gega Making
Kupang, Fakta Line - CV Gasrem Surya Perdana (GSP) Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyediakan pupuk kimia non subsidi yaitu pupuk nitrogen, fosfor, dan kalium (NPK) dan pupuk Urea dengan kualitas terjamin. Menariknya, pupuk ini di produksi sendiri oleh CV GSP.


Pupuk kimia ini berbentuk butiran-butiran yang kaya akan nutrisi. Kandungan Natrium (N) berbentuk padat yang terdapat dalam pupuk urea ini mencapai 42% sedangkan pada pupuk NPK kandungan natriumnya mencapai 15% hinga 25% yang terdapat dalam kandungan asam sulfat.


42% natrium yang terkandung dalam pupuk urea CO NH2 ini nanti akan dilakukan pencampuran lagi ke kadar-kadar yang lain, sehingga turun menjadi 25%. Tingkat kadar kimia yang terkandung dalam kedua pupuk ini pun berbeda, yaitu pupuk urea lebih tinggi sedangkan pupuk NPK lebih rendah. 


Pupuk ini telah diuji di Laboratorium Kimia Tanah Undana. "Setiap masa periode produksi akan diuji agar pupuk ini benar-benar bermanfaat untuk petani di NTT," kata Direktur CV Gasrem Surya Perdana, Robert Take Lemaking, saat ditemui dikediamannya, Sabtu, (29/4/2023).


Dia mengatakan, untuk memproduksi pupuk ini, pihaknya membutuhkan waktu selama tujuh bulan. Sebab, kata dia, proses untuk meproduksi pupuk sendiri membutukan eksperimen yang cukup memakan waktu. 


Pupuk urea ini dapat berperan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman akan bisa cepat tinggi, jumlah anakan banyak, dan mempunyai cabang-cabang yang banyak. Tak hanya itu, pupuk urea juga dapat meningkatkan jumlah kandungan protein dalam tanaman. "Pupuk urea mengandung asam basah sehingga digunakan untuk hampir semua jenis tanaman, mulai dari tanaman pangan, holtikultura, tanaman perkebunan seperti sawah. Kalau mau sukses di Pertanian maka gunakan pupuk urea," jelas Robert.


Pemberian pupuk urea dapat meningkatkan produksi panen tanaman. Namun, perlu diperhatikan pemberian pupuk harus dilakukan dengan dosis tepat. "Kalau berlebihan dapat merusak mikro organisem dalam tanah. Dan juga tanah akan ketergantungan dengan pupuk urea ini," kata dia.

Pupuk NPK (kiri), pupuk Urea (kanan), Sabtu, (29/4/2023). foto: Gega Making
Namun untuk tanaman yang menghasilkan buah-buahan dan umbian, dia menganjurkan menggunakan pupuk NPK. Sebab, kadar kimia pupuk NPK lebih rendah. "Pupuk NPK lebih netral dan ramah lingkungan. Pupuk ini lebih cocok diberikan pada tanaman seperti tomat, lombok, bawang, dan jagung pun bisa diberikan," jelasnya.


Robert mengaku saat ini para petani di Kabupaten Kupang telah menggunakan pupuk ini. "Hampir semua Desa di Kabupaten Kupang menggunakan pupuk ini. Kami memproduksi sesuai pesanan, mulai dari 5 kilo gram, 10, kilo gram, 20 kilo gram, dan 50 kilo gram." Sebut Robert.


Dia juga mengatakan, ke depannya pihaknya akan memproduksi pupuk urea yang berbentuk kristal. 


CV Gasrem Surya Perdana menyediakan pupuk NPK dan Urea dengan harga Promo mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000.
Silahkan Hubungi: 082144413282

GM