Notification

×

Tinggalkan Pola Lama, SMK Ile Lewotolok Terapkan Ujian Sekolah Berbasis Digital

Kamis, 13 April 2023 | April 13, 2023 WIB Last Updated 2023-04-13T02:50:08Z
Foto: Irfan Lamabelawa
Lewoleba, Fakta Line - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan ujian berbasis digital atau tepatnya menggunakan android dan komputer. Sebanyak 189 Siswa kelas XII yang mengikuti ujian ini. Kamis, (13/4/2023).


Kepala Sekolah SMK Ile Lewotolok, Ferdinandus Koda, SE mengatakan ujian berbasis digital ini tidak lain merupakan transformasi digital di dunia pendidikan untuk semakin mempermudah dan akuntabel.


Ujian Sekolah (US) berbasis android dan komputer sangat penting saat ini, di era revolusi teknologi 4.0. "Dimana perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sehingga kita harus sudah meninggalkan pola-pola konvensional yang tidak efisien," pungkas Ferdi Koda, begitu dia disapa, (13/4).


Ketua panitia US tahun pelajaran 2022/2023 SMK Ile Lewotolok, Ahmad jalil, ST, saat ditemui oleh awak media ini menjelaskan, pelaksanaan ujian berbasis android dan komputer SMK Ile Lewotolok sesuai jadwal yang ada dan digelar selama lima hari yang dimulai sejak 11-15 April 2023.


Terkait teknis pelaksanaan ujian, kata dia, untuk setiap harinya ada 3 hingga 4 mata pelajaran yang nantinya menjadi materi ujian.


Sedangkan siswa yang tidak memiliki smartphone, kata ahmad, tetap bisa mengikuti ujian sekolah dengan menggunakan komputer yang sudah tersedia di laboratorium komputer yang dilengkapi dengan jaringan Wi-Fi. Untuk pengerjaannya sama seperti berbasis android. 


"Harapan kita ujian berbasis android ini berjalan sukses sampai selesai. Semoga semua siswa lulus 100 persen," ujarnya.

IL