Notification

×

Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Prodi Penjaskesrek Undana Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Micro Teaching

Selasa, 04 April 2023 | April 04, 2023 WIB Last Updated 2023-04-03T15:17:35Z
Foto: Ocep Purek
Kupang, Fakta Line - Program Studi (Prodi) Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang menggelar lomba Karya Tulis Ilmiah dan Micro Teaching.


Pelaksanaan kegiatan ini dipresentasikan secara bertahap yakni lomba karya tulis ilmiah berjumlah 9 orang yakni dari semester 6 berjumlah 1 orang, semester 8 berjumlah 4 orang, dan semester 10 berjumlah 3 orang dan dilanjutkan dengan lomba Micro Teaching untuk semester 6 berjumlah 6 orang, semester 4 berjumlah 1 orang, dan semester 2 berjumlah 1 orang. Kegiatan dilaksanakan di ruang kelas Prodi Penjaskesrek Kampus B Undana di Jln. SK Lerik Walikota Kupang,  Senin, (3/4/2023).


Dewan Juri, Salmon Runesi  S.Pd. M.Fis, mengatakan, kegiatan lomba karya Tulis Ilmiah ini adalah sebagai wahana untuk melatih ide tersurat atau hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah yang sistematis dan metodologis karya ilmiah tersebut dan harapannya akan menjadi wahana transformasi pengetahuan. Dan juga untuk menumbuhkan etos ilmiah untuk kalangan mahasiswa sehingga mahasiswa bisa menjadi penghasil pemikiran karya tulis ilmiah. Membuktikan potensi ilmiah yang dimiliki oleh mahasiswa dalam menghadapi masalah yang ada. Dan juga melatih keterampilan para mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian.


Sedangkan, "Untuk tujuan dilakukan lomba micro teaching adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam proses pembelajaran, atau kemampuan profesional seorang calon guru atau meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan di dalam berbagai keterampilan yang lebih spesifik. Dan sebagai latihan dalam praktek mengajar di dalam situasi laboratoris melalui micro teaching, adalah dengan calon guru atau guru tersebut berlatih berbagai keterampilan mengajar dalam keadaan yang terkontrol dalam meningkatkan kompetensinya." Jelas dia.


Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Prodi Penjaskesrek, Veramyta M.M. Flora Babang, S.Pd.Jas., M.Or terkait dengan pelaksanaan lomba Micro Teaching yang bertujuan untuk  meningkatkan berbagai keterampilan mengajar sehingga calon guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik dalam pembelajaran serta membekali calon guru, sebelum benar-benar terjun ke Sekolah tempat praktek pendidikan dalam mengajar.


"Untuk tujuan lomba Karya Tulis Ilmiah adalah sebagai rujukan/referensi untuk meningkatkan wawasan atau menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan untuk melatih mengembangkan keterampilan membaca yang efektif, melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan, meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis, dan memperoleh kepuasan," jelas dia.


Salah satu peserta lomba Micro Teaching, Sherly Jesica Diaz, mengatakan dengan diadakan lomba ini bisa memberi pengalaman belajar yang nyata, dan latihan untuk sejumlah keterampilan dasar mengajar dengan cara terpisah, serta memperoleh bermacam-macam keterampilan dasar mengajar, dan memahami kapan dan bagaimana keterampilan itu diterapkan. "Hal ini membuat kami bisa mengembangkan keterampilan mengajar sebelum turun ke kelas yang sesungguhnya," kata dia.


Sedangkan salah satu peserta lomba Karya Tulis Ilmiah, Basilica Icenty Harming, mengatakan dengan adanya lomba ini mahasiswa bisa mengembangkan keterampilan membaca yang efektif, karena mahasiswa diharuskan membaca berbagai rujukan sebelum menulis. Tak hanya itu, dia mengatakan kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berlatih mengintegrasikan hasil bacaan dengan gagasan sendiri, kemudian mengembangkannya menjadi pemikiran yang lebih matang, dan meningkatkan keterampilan dalam mengolah serta menyajikan fakta dan data secara jelas dan sistematis, dan yang paling penting adalah memperluas cakrawala ilmu pengetahuan mahasiswa.

Ocep Purek