Notification

×

7 Mahasiswa Fisip UNWIRA Kupang Siap Tempur dengan Program KKN-T MBKM Mandiri di Desa Pledo Flores Timur

Rabu, 03 Mei 2023 | Mei 03, 2023 WIB Last Updated 2023-05-03T08:16:58Z
Foto: Yohana Fransiska Medho
Larantuka, Fakta Line - Sebanyak 35 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang melakukan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri di Kecamatan Witihama, Adonara, Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, (2/3/2023).
 

Kegiatan ini akan dilaksanakan di lima desa yang telah dipersiapkan yaitu Desa Balaweling, Desa Oringbele, Desa Lamabelawa, Desa Watoone, dan Desa Pledo. 


Kedatangan para mahasiswa ini disambut langsung oleh Camat Witihama, Laurensius Lebu Raya,SH. Usai acara penyambutan, 35 mahasiswa ini diarahkan ke desa masing-masing. 


Diantara 35 orang mahasiswa ini, tujuh orang mahasiswa diarahkan untuk menuju ke Desa Pledo, yang menjadi salah satu desa target kegiatan KKN-T MBKM Mandiri. Mahasiswa tersebut disambut oleh langsung oleh Kepala Desa beserta aparat Desa.


Tujuh mahasiswa KKNT MBKM Mandiri ini melakukan pleno rancangan program kerja bersama Kepala Desa dan aparat Desa Pledo. Pleno dilakukan guna memberikan gambaran umum terkait rancangan program kegiatan yang akan dilakukan di desa Pledo selama dua bulan mendatang.


Rancangan program ini telah disiapkan untuk menjawab segala persoalan di Desa, dan bisa berkontribusi positif bagi Desa dan juga mahasiswa dapat belajar dan hadir ditengah kehidupan bermasyarakat. 


Program prioritas yang dirancangkan yaitu BUMDES, Literasi Digital, Pariwisata, Budaya, Penghijauan, serta berbagai rancangan program kerja kelompok yang akan dilaksanakan secara bersama-sama.


Kepala Desa Pledo, Samsudin Samon Deran, S.Sos mengatakan, menyampaikan terima kasih dengan tim KKN-T Fisip UNWIRA Kupang yang telah hadir dan menjadi secercah harapan untuk desa Pledo guna membantu dan membangun desa Pledo menjadi desa yang mandiri dan menjadi desa yang lebih baik lagi. 


Menurutnya, rancangan program yang akan dijalankan sudah sangat baik dan sudah memenuhi target tujuan dari Desa untuk masyarakat Pledo sendiri. 


Di Desa Pledo, tim KKN-T MBKM Mandiri terdiri dari empat mahasiswa Ilmu Pemerintahan dan tiga Mahasiswa Ilmu Komunikasi.


Program KKN-T MBKM Mandiri ini akan dijalankan selama dua bulan penuh pertanggal 25 April hingg 29 Juni 2023.

Shera Tulung