Notification

×

Bercocok Paham di Hutan Kolhua, Koalisi Kopi Ajak Anak Muda NTT Bahas Isu Perubahan Iklim

Senin, 22 Mei 2023 | Mei 22, 2023 WIB Last Updated 2023-05-22T10:59:30Z
Foto: Soya Henuk
Kupang, Fakta Line - Koalisi kopi atau kelompok orang muda peduli iklim melaksanakan kegiatan "Bercocok Paham" yang dikemas dalam bentuk Summer Camp dengan mengusung tema "Kembali ke Alam, Mengenal Budaya". Kegiatan ini dilaksanakan sejak Jumad 19-20 Mei 2023 bertempat di Hutan Kolhua, Kota Kupang.


Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk inisiatif dari Koalisi Kopi yang bertujuan mengajak anak muda NTT untuk belajar, berkolaborasi dan bergerak diberbagai isu terkhususnya isu perubahan Iklim. 


Selain itu, Koalisi Kopi bekerja sama dengan Komunitas Penjaga Budaya Helong (KPBH) ini juga mengenalkan anak muda tentang adat dan budaya orang Helong yang menjadi tuan rumah tempat kegiatan ini berlangsung. 


Peserta kegiatan ini adalah anak muda dengan usia 18 hinga 30 tahun yang diseleksi oleh tim Koalisi Kopi. Beberapa peserta mewakili komunitas, yang terbanyak terdaftar secara individu, yang merupakan anak muda yang menetap tinggal di Kota Kupang dan juga datang dari berbagai kalangan. 


Peserta diterima oleh warga suku Helong secara adat. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena anak-anak muda NTT, khususnya Kota Kupang bisa lebih dalam mengenal tentang budaya Helong. Kegiatan ini harus berlanjut, agar transfer ilmu antar generasi tidak berhenti disini. Koalisi Kopi dan KPBH sudah meninggalkan jejak kolaborasi, sehingga kedepan jika ingin melalukan kegiatan ini lagi, kami warga helong sangat terbuka dan menerima kedatangan teman-teman semua," ujar Rally Bistolen, Founder Komunitas Penjaga Budaya Helong. 


"Saya sangat berterima kasih kepada Koalisi Kopi yang menyediakan ruang ini. Saya mendapat banyak pengetahuan, pengalaman dan teman baru. Jujur, ini kali pertama saya mengikuti kegiatan sekeren ini, karena setelah kuliah saya hanya menghabiskan waktu dalam pekerjaan saya. Saya juga belajar tentang Iklim yang mana merupakan salah satu hal penting yang banyak dilupakan manusia, mengenal budaya helong sebagai suku asli warga Kota Kupang," ungkap Vero, salah satu peserta bercocok paham.


"Isu perubahan Iklim merupakan salah satu masalah urgent yang harus diatasi bersama seluruh masyarakat. Gotong royong itu satu landasan pergerakan yang baik untuk kepentingan bersama, sehingga melalui kegiatan ini, anak-anak muda diharapkan menjadi sumber informasi dan contoh bagi banyak orang dalam menjaga dan merawat alam serta budaya," ucap Cosmas Davitson, Ketua Panitia Bercocok Paham.


Summer Camp ini dikemas dalam berbagai aktivitas, diantaranya mengenal budaya Helong melalui outbond, dari hati kembali ke mata air, BBQ and Chill, nonton bareng dan diskusi film Climate Witness, serta sharing pengalaman antar peserta, panitia dan warga Helong setempat.


Tempat perkemahan yang sulit akses sinyal, udara sejuk, jauh dari polusi dan makanan-makanan lokal selama dua hari semalam akan sangat dirindukan.
Soya