Notification

×

Ciptakan Kebersihan dan Kenyamanan Belajar, Kampus Undana B Gelar Kerja Bakti di Lingkungan Kampus

Jumat, 05 Mei 2023 | Mei 05, 2023 WIB Last Updated 2023-05-05T05:48:02Z
Civitas akademik Undana B di Walikota Kupang melakukan kerja bakti bersama, Jumad, (5/5/2023). Foto: Ocep Purek
Kupang, Fakta Line - Civitas akademik Universitas Nusa Cendana (Undana) B melakukan kerja bakti bersama di lingkungan kampus Walikota Kupang, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumad, (5/5/2023).


Kerja bakti ini dilaksanakan mulai pukul 06.00 WITA. Kerja bakti ini meliputi pemangkasan rumput yang sudah tebal di sekitar halaman, dan membersikan ranting pohon yang sudah di tebang.


Kegiatan ini bukan pertama kali dilakukan oleh civitas akademik Undana B Walikota Kupang. Namun, kegiatan seperti ini telah dilaksanakan secara rutin di setiap hari Jumad. Penyelenggaraan kegiatan kerja bakti ini utamanya untuk meningkatkan kepedulian dan rasa memiliki dari mahasiswa terhadap lingkungan kampus Undana B  yang bersih dan indah. 


Kerja bakti bersama ini diharapkan dapat membangun ruang lingkungan yang nyaman sehingga bisa mendukung proses pembelajaran yang kondusif dan nyaman.


Wakil Dekan I FKIP Undana Dr. Moses Kopong Tokan, M.Si, menyampaikan bahwa kerja bakti bersama ini selain sebagai kegiatan membersihkan lingkungan, kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai kegiatan silaturahmi antar mahasiswa PPG dan mahasiswa FKIP Undana B Walikota dan menciptakan lingkungan sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput. 

Foto: Ocep Purek
Dengan lingkungan yang sehat, kata dia, semua civitas di kampus tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Selain itu kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan kenyamanan lingkungan.


"Kegiatan kerja bakti bersama ini dilakukan sebagai salah satu wujud bakti sosial mahasiswa dari kegiatan kerja bakti  ini juga bisa menjalani tali persaudaraan antar mahasiswa dan saling berbagi tentang perkuliahan masing-masing, hal ini yang kita lakukan sehingga tidak ada keterasingan antara mahasiswa dan Dosen dan juga mahasiswa lainnya," kata dia.


Koordinator Program Studi Penjaskesrek, Veramyta M.M Flora Babang S.Pd.Jas. M. Or menyampaikan bahwa Kerja bakti adalah kegiatan kerja bergotong-royong tanpa upah untuk kepentingan bersama. 


Kerja bakti biasanya dilakukan oleh semua mahasiswa dengan tujuan agar lingkungan kampus menjadi bersih dan nyaman. Selain itu, Veramyta juga mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk bergotong-royong dalam membersihkan lingkungan dam mempererat tali persaudaraan dan menciptakan kerukunan antara orang-orang yang terlibat di dalamnya. 


Kata dia, melalui kerja bakti di lingkungan kampus ini juga membuat hubungan mahasiswa dan Dosen makin harmonis.


"Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa dan kegiatan bakti ini juga sudah menjadi kebiasaan Prodi Penjaskesrek setiap hari Jumad untuk menjaga kebersihan lingkungan kampus sehingga proses pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas bisa terjamin kenyamanannya. Sala satu faktor proses pembelajaran berjalan dengan baik adalah faktor lingkungan yang nyaman dan menyenangkan dan juga indah," ujarnya.


Usai melakukan kerja bakti bersama semua mahasiswa dan juga para Dosen melakukan senam bersama di halaman Prodi Penjaskesrek.


Kegiatan ini melibatkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Bimbingan Konseling (BK ), Pendidikan Luar Sekolah ( PLS), Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Ocep Purek