Notification

×

Jaga Kesehatan Rumah Tangga, Melki Laka Lena Dorong Masyarakat Kenali Alkes dan PKRT

Selasa, 09 Mei 2023 | Mei 09, 2023 WIB Last Updated 2023-05-09T14:02:06Z
Melki Laka Lena saat melaksanakan kegiatan sosialisasi Mengenal Penggunaan Alat Kesehatan dan PKRT yang baik bersama mitra Kemenkes RI di Aula Mutis Kantor Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Senin, 8 Mei 2023. Foto: Tim Melki Laka Lena
Soe, Fakta Line - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mengajak masyarakat menjaga kesehatan dengan memahami alat kesehatan (Alkes) dan perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT) agar kesehatannya bisa terjaga dengan Baik. 


Hal ini disampaikan legislator Golkar yang akrab disapa Melki Laka Lena ini saat melaksanakan kegiatan sosialisasi Mengenal Penggunaan Alat Kesehatan dan PKRT yang baik bersama mitra Kemenkes RI di Aula Mutis Kantor Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Senin, 8 Mei 2023.


Menurut Melki, pada umumnya Alkes digunakan oleh tenaga medis atau tenaga kesehatan sedangkan PKRT digunakan oleh masyarakat secara mandiri.


Secara singkat menurut Melki, yang dimaksudkan dengan alat kesehatan yaitu instrumen, aparatus, taligator, perkakas, mesin yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan jaringan penyakit terhadap orang sakit.


"Alat kesehatan ini dibawah wewenang lembaga kesehatan yang digunakan oleh tenaga medis seperti dokter, bidan, dan bagian farmasi," kata Melki Laka Lena.


Sedangkan PKRT, lanjut Melki, digunakan oleh ibu rumah tangga sehari-hari. Sebagai contoh yang sering digunakan seperti pembersih lantai, sabun cuci piring, pelembut pakaian, hand sanitizer, obat nyamuk dan masih banyak lainnya yang berkaitan dengan rumah tangga.


"Masyarakat harus memahami Alkes dan PKRT ini dengan baik agar kesehatan kita juga baik. Resiko penggunaan Alkes dan PKRT yang tidak sesuai dapat menimbulkan pengukuran yang tidak akurat, keracunan, alergi, iritasi dan tujuan tidak tercapai, " Jelas Ketua Golkar NTT ini. 


Melki Laka Lena juga menganjurkan agar masyarakat sebelum menggunakan Alkes dan PKRT harus memperhatikan izin edar, masa kadaluarsa, nama dan merek, tujuan penggunaan, nama dan telepon distributor, peringatan, dan perhatian.

Foto: Tim Melki Laka Lena
Sementara Bupati TTS, Epy Tahun dalam kesempatan ini mengapresiasi Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat TTS. Ia mengatakan banyak anggota DPR RI yang dipilih namun sedikit yang peduli dengan masyarakat.


"Pak Melki hampir setiap minggu ke sini. Dia peduli dan selalu datang lihat kita karena kita sudah pilih mereka," kata Epy Tahun.


Bupati Epy Tahun juga mengucapkan terima kasih kepada Melki Laka Lena dan Inche Sayuna yang telah mendukung Pemda TTS untuk membantu  Pemuda - Pemudi GMIT TTS yang tergabung di Paduan Suara Solideo yang akan berangkat ke Korea mengikuti Lomba Paduan Suara Internasional pada bulan Juli 2023 mendatang. 


"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terimakasih kepada kemenkes, pa Melki dan Ibu Inche yang memfasilitasi kegiatan ini, ucap Bupati Epy.


Bupati juga berharap paduan suara Solideo ini bisa menjaga nama baik kab TTS di Korea.


"Karena ada perhatian begitu besar dari Pa Melki dan Ibu Inche juga kita pemerintah daerah, berarti jangan mempermalukan kita di Korea. Jadi persiapkan diri dengan baik," Pesan Bupati Epy. 


Bupati  Epy juga mohon dukungan dari Kemenkes dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena untuk tambahan tenaga dokter spesialis dan umum. 


Sementara Dini Kusumawati yang mewakili Direktur Pengawasan Alat Kesehatan Kemenkes RI mengatakan saat ini Kementerian Kesehatan sangat konsen sekali untuk meningkatkan kesehatan dari Bangsa Indonesia.  


"Jadi kita memiliki program transformasi Kesehatan dimana di dalam transformasi 6 pilar yang akan kita kuatkan yaitu transformasi Layanan Primer, Layanan Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, SDM Kesehatan, dan Teknologi Kesehatan, " Jelas Dini. 


Dini juga berharap dukungan dari Bupati TTS dan Melki Laka Lena terhadap program transformasi Kesehatan ini sehingga roda Kesehatan masyarakat bisa terpelihara dengan baik. 
Tim