Notification

×

Perkuat Karakter Kepemimpinan Kader, PMKRI Kupang Gelar LKK

Rabu, 28 Juni 2023 | Juni 28, 2023 WIB Last Updated 2023-06-28T12:42:22Z
Ceremonial Pembukaan LKK PMKRI Cabang Kupang Periode 2022/2023, Senin (26/6/2023).
Kupang, Fakta Line - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Kupang St. Fransiskus Xaverius Periode 2022/2023 menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) sebagai bentuk pembinaan formal berjenjang tingkat cabang. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu pekan kedepan yang dimulai pada Senin, 26 Juni – 02 Juli 2023 di aula UPTD Dinas Sosial Provinsi NTT.


Kegiatan ini juga sebagai ruang formal untuk membina karakter kepemimpinan kader PMKRI agar menjadi pemimpin masa depan bangsa dan mampu bersaing dalam setiap lini kehidupan. Oleh karena itu pada kegiatan ini PMKRI Cabang Kupang mengangkat tema "Memperkuat Karakter Kepemimpinan Kader yang Berintegritas dan Berdaya Saing Menghadapi Era Globalisasi".


Ketua Panitia Pelaksana LKK Nufri Naisusu dalam laporannya mengatakan, peserta kegiatan tidak hanya anggota PMKRI Cabang Kupang namun ada juga delegasi dari Cabang luar Kupang yakni PMKRI Cabang Alor, PMKRI Cabang Atambua dan PMKRI Kota Jajakan Soe.


"Saya menyampaikan terima kasih kepada senior dan alumni PMKRI Cabang Kupang yang telah mendukung kegiatan ini baik itu lewat moril maupun materil dan juga terima kasih kepada pihak Dinas Sosial Provinsi NTT karena telah mengijinkan PMKRI Cabang Kupang melaksanakan kegiatan ini di aula UPTD," ucap Nufri.


Ketua Presidium PMKRI Cabang Kupang Periode 2022/2023, Marianus D. Humau dalam pidatonya menambahkan, kegiatan LKK sebagai pembinaan formal berjenjang tingkat akhir di Cabang. LKK menjadi ruang aktualisasi diri, mengasah kepekaan sosial serta membentuk kader yang berintelektual populis. 


Menurut mantan Ketua Umum KMK BSB itu, era globalisasi menjadi peluang sekaligus tantangan bagi semua orang khususnya aktivis organisasi. Ia mengatakan, setiap detik perubahan terus terjadi tanpa disadari dan tidak siap untuk menerima atau menghadapi perubahan dinamika kehidupan, maka akan ketinggalan perkembangan zaman yang terus berubah setiap saat dan tentu tidak akan mampu bersaing untuk merebut berbagai peluang yang ada.


Era Globalisasi membuat kompetisi dalam dunia praktis semakin ketat. Oleh karena itu Marianus mengatakan, mahasiswa dituntut untuk harus mampu beradaptasi dan berkompetisi di era modern ini.


PMKRI Cabang Kupang sebagai wadah pembinaan akan terus membuka ruang bagi anggota untuk terus belajar dan berlatih menjadi kader yang militan dan berkepribadian yang utuh, yakni keseimbangan iman, pikiran dan watak. Kecerdasan IQ, EQ dan SQ mesti sejalan dalam diri seorang kader calon pemimpin dimasa yang akan datang. Untuk itu, Ketua PMKRI Cabang Kupang ini berharap peserta dapat mengikuti kegiatan LKK ini dengan serius dan output kegiatan yang diharapkan bisa menjawab tantangan global yang serba kompetitif dan krisis akan kepemimpinan yang berintegritas.


"Terima kasih kepada teman-teman PMKRI Cabang Alor, PMKRI Cabang Atambua dan PMKRI Kota Jajakan Soe sebagai delegasi cabang karena telah hadir dan turut berpartisipasi dalam kegiatan LKK yang diselenggarakan oleh PMKRI Cabang Kupang," ucap Mone.


Sementara Bartol Badar sebagai Dewan Pertimbangan PMKRI Cabang Kupang dalam sambutanya mengapresiasi PMKRI Cabang Kupang yang terus melakukan pembinaan formal organisasi untuk memperkuat kapasitas anggota. 


Ia mengatakan, spirit tiga benang merah yang ada di dalam tubuh PMKRI harus diwujud nyatakan dalam kehidupan sehari-hari. 


"Untuk menjadi pemimpin yang berintegritas, peka terhadap kehidupan sosial masyarakat, mempunyai jiwa keberanian harus melewati proses yang panjang. Pemimpin itu dia tidak lahir secara tiba-tiba, tetapi melewati tahapan proses yang sangat panjang. Maka PMKRI Cabang Kupang tidak boleh stagnan dalam metode pembinaan anggota tetapi mesti ditingkat secara terus menerus agar benar-benar menjadi pemimpin yang tangguh dengan terus mewarnai semangat tiga benang merah (Intelektualitas, Kristianitas dan Fraternitas)," tegas Bartol Badar.


Dalam ceremonial pembukaan kegiatan LKK ini turut dihadiri oleh organisasi Cipayung Kota Kupang yakni GMKI dan HMI Cabang Kupang.

Weli