Notification

×

Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo Terima Peserta KKNT-PPM UNWIRA Kupang

Sabtu, 22 Juli 2023 | Juli 22, 2023 WIB Last Updated 2023-07-22T13:09:11Z

Pemerimaan mahasiswa peserta KKNT-PPM oleh Bupati Kabupaten Nagekeo di aula kantor Bupati Nagekeo pada Sabtu (22/7/23), Foto: Sesil
Mbay, Fakta Line - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nagekeo dengan bangga menerima kedatangan 46 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Lapangan Tematik- Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) dari Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang. Acara penerimaan ini berlangsung di ruang aula kantor Bupati Nagekeo, Provinsi NTT pada Sabtu, 22 Juli 2023.


Dalam acara yang meriah, Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco, secara langsung menyambut kedatangan para mahasiswa peserta KKNT-PPM dari UNWIRA Kupang. Turut hadir pula dua Dosen Pendamping Lapangan (DPL) yang akan mendampingi kegiatan mahasiswa selama masa kuliah kerja lapangan di Kabupaten Nagekeo. Dua DPL yang akan mendampingi adalah Yohana Fransiska Medho S.IP., M. IP dan Agustinus R. A. Elu, S.Sn. M. A.


Dalam program KKNT-PPM ini, peserta kuliah kerja lapangan akan ditempatkan di tiga lokasi yang berbeda, yaitu Kelurahan Nagaroro, Kecamatan Boawae, dan Kelurahan Danga. Tema besar kegiatan KKNT-PPM kali ini adalah "Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ekonomi dalam Menghadapi Inflasi."


Dalam sambutannya, Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco, menyampaikan harapannya agar para peserta KKNT-PPM dapat berkolaborasi dengan pemerintah melalui pendidikan sehingga dapat membantu pengembangan literasi dan kualitas pendidikan di daerah tersebut. Selain itu, para mahasiswa juga diharapkan dapat turut membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di lokasi penempatan.


Yohana Fransiska Medho, salah satu DPL, menyampaikan bahwa KKNT-PPM merupakan momen yang sangat berharga bagi para mahasiswa. Kegiatan ini memungkinkan mereka untuk turun langsung dan memberikan kontribusi nyata di masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari selama kuliah di kampus.


Dalam program KKNT-PPM ini, akan ada beberapa konsep yang dijalankan, seperti program dari Universitas, program kelompok, program individu, dan program-program yang akan ditawarkan di Desa/Kelurahan tempat mahasiswa ditempatkan. Mahasiswa diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik dan beradaptasi dengan baik dalam berinteraksi dengan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Nagekeo.


Acara penerimaan ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat, termasuk Setda 1, Emanuel Nu, serta para Lurah dari Kelurahan Nagaroro dan Kelurahan Danga.


Selanjutnya, para peserta KKNT-PPM akan segera berangkat menuju lokasi penempatan masing-masing di tiga wilayah yang telah ditentukan. Kegiatan ini akan berlangsung selama periode kuliah kerja lapangan dan ditutup dengan pemotretan bersama sebagai kenang-kenangan bagi para peserta KKNT-PPM.


Kuliah Kerja Lapangan Tematik- Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat merupakan inisiatif yang berarti dalam upaya menguatkan SDM dan mengatasi permasalahan inflasi di Kabupaten Nagekeo. Semoga kehadiran para mahasiswa dari UNWIRA Kupang akan memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi masyarakat setempat.

Sesil