Notification

×

Mahasiswa KKN Muhammadiyah Kupang Turut Meriahkan Upacara HUT RI ke- 78 di Desa Nilanapo

Kamis, 17 Agustus 2023 | Agustus 17, 2023 WIB Last Updated 2023-08-17T05:18:23Z
Upacara Bendera memperingati HUT RI ke- 78 tahun di Desa Nilanapo, Kamis (17/8/2023). Foto: Harmin Lamadike
Lewoleba, Fakta Line - Masyarakat desa Nilanapo, yang terletak di kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), merayakan dengan meriahnya Upacara HUT RI ke-78 di Lapangan desa tersebut pada hari ini, Kamis (17/8). Acara ini dimulai pukul 10:00 WITA dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Aparat desa, Linmas, Guru, pelajar, karang taruna, dan Mahasiswa KKN-T dari IKIP Maumere dan Universitas Muhammadiyah Kupang.


Dengan tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju", Upacara HUT RI ke-78 di desa Nilanapo menghadirkan semangat tinggi dari seluruh masyarakat. Mereka menunjukkan rasa cinta mendalam terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang tercermin jelas dalam wajah-wajah penuh semangat saat teks proklamasi kembali digaungkan dan suara detik-detik proklamasi terdengar.


Moment yang tak kalah menarik adalah saat pengibaran sang merah putih, yang diserahkan kepada karang taruna desa Nilanapo. Dengan semangat yang membara, pengibaran bendera merah putih ini mencuri perhatian dan memberikan sentuhan visual yang memukau kepada seluruh hadirin.


Dalam acara tersebut, Penjabat Bupati Lembata menyampaikan pidato yang dibacakan oleh Kepala Desa Nilanapo, Kirman Laleng kepada masyarakat desa Nilanapo. "Momentum hari ini juga menjadi kesempatan bagi seluruh elemen bangsa untuk mengokohkan tali persatuan sebagai bangsa yang berbhinneka tunggal ika. Meskipun menghadapi berbagai ancaman, persatuan dan kesatuan antara elemen bangsa tetap menjadi kekuatan utama yang menjaga kekokohan Negara Kesatuan Republik Indonesia, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang 1945."


Dengan semangat persatuan yang kian terasa di tengah-tengah masyarakat desa Nilanapo, perayaan HUT RI ke-78 ini menjadi simbol kuat bahwa semangat kebangsaan tetap berkobar dalam jiwa masyarakat, siap mendorong Indonesia maju ke masa depan yang lebih gemilang.

Penulis: Deddy L. Making