Notification

×

Di Lembata, Dekan Fakultas Kesahatan Vinsensius Belawa Lemaking Ajak Masyarakat Atasi Persoalan Kesehatan

Selasa, 22 Agustus 2023 | Agustus 22, 2023 WIB Last Updated 2023-08-22T11:32:52Z
Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UCB, Vinsensius Belawa Lemaking saat bertemu masyarakat desa Todanara, kecamatan Ile Ape Timur, kabupaten Lembata, Minggu (6/8/2023). Foto: Vinsen Making
Lewoleba, Fakta Line - Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Citra Bangsa (UCB) telah melaksanakan kegiatan Tour Lintas Nusa dengan tema "Making Miracle". Salah satu agenda penting dalam tour ini adalah bertemu langsung dengan Masyarakat akar rumput, dengan salah satu komunitas yang dikunjungi adalah Masyarakat Desa Todanara, kecamatan Ile Ape Timur, kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (06/08/2023).


Dalam kunjungannya, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UCB, Vinsensius Belawa Lemaking SKM.,M.Kes, menyambut masyarakat yang hadir dan mengajak mereka untuk bersama-sama mengatasi persoalan kesehatan. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat dari warga Desa Todanara, termasuk Kepala Desa dan aparatnya, serta Ketua Dewan Stasi Waiwaru.


Dekan Fakultas Kesehatan UCB ini menyatakan keprihatinan terhadap berbagai penyakit yang menyerang terutama pada orang tua. "Saat ini ada begitu banyak penyakit terutama yang menyerang orang tua. Ada stroke, diabetes melitus, ginjal, prostat, kanker dan jantung. Penyakit ini yang sering dirujuk ke Kupang dan biasanya sudah stadium akhir atau parah sehingga banyak yang tidak tertolong," jelas Sekretaris Jendral Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Provinsi NTT.


Dalam kesempatan tersebut, Ns, Oktaria Batubara S.Kep, M.Kep, PhD, seorang dosen UCB yang baru saja meraih gelar doktor di luar negeri, mengajak masyarakat untuk mengenali ciri-ciri penyakit stroke agar bisa ditangani lebih cepat. Ia menekankan pentingnya menjaga pola makan, mengurangi lemak, aktif bergerak, serta rutin memeriksa tekanan darah. Doktor ini menegaskan bahwa upaya pencegahan lebih baik dilakukan daripada menghadapi dampak buruk penyakit tersebut.


Pastor Paroki Waipukang, RD Gaby Baluk Pr., mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih atas kunjungan tim "Making Miracle". Ia berharap bahwa kehadiran mereka dapat membawa perubahan di tengah masyarakat, khususnya dalam hal kesehatan.


Ketua Dewan Stasi Goris Making juga menyampaikan terima kasihnya kepada tim "Making Miracle" atas pencerahan yang diberikan terkait kesehatan lansia. Ia mengharapkan kolaborasi yang lebih besar lagi di masa depan.


Rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Citra Bangsa ini bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Dinas Pendidikan Provinsi NTT, BKKBN Provinsi NTT, Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Persatuan Perawat Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Permata Kupang, AML Kupang, AMMAPAI Kupang, dan Yayasan Gasrem Permata Cerdas. Kegiatan ini mencakup tiga kabupaten dengan pulau berbeda, yakni Alor, Pantar, Lembata, Adonara, dan Flores Larantuka.


Melalui inisiatif "Making Miracle" ini, Fakultas Ilmu Kesehatan UCB berusaha memberikan edukasi dan dukungan terhadap kesehatan masyarakat, khususnya para lansia, di berbagai daerah. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mengurangi dampak penyakit-penyakit serius seperti stroke, diabetes melitus, dan lainnya, serta membawa perubahan positif dalam kualitas hidup masyarakat. (*)