Notification

×

KPU Lembata Fasilitasi Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Ile Lewotolok

Rabu, 13 September 2023 | September 13, 2023 WIB Last Updated 2023-09-13T11:34:16Z
Foto: Irfan Lamabelawa
Lembata, Fakta Line - Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan partisipasi pemilu sejak dini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lembata telah memfasilitasi pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS di SMK Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berlangsung pada Rabu, 13 Agustus 2023.


Kegiatan pemilihan Ketua OSIS merupakan acara tahunan bagi siswa-siswa. Namun, tahun ini, pelaksanaannya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pilketos (Pemilihan Ketua OSIS) kali ini diadakan dengan fasilitasi langsung dari KPU Lembata dan diselenggarakan serupa dengan penyelenggaraan pemilu nasional. Irfan Lamabelawa, pembina OSIS SMK Ile Lewotolok, menyebutnya sebagai "miniatur Pemilu."


Acara ini diadakan di aula SMK Ile Lewotolok dan melibatkan pemaparan visi dan misi, serta debat antara pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS.


Hermanus H. Tadon, Komisioner KPU Kabupaten Lembata, dalam sambutannya, mendorong pemilih pemula, terutama siswa-siswi SMK Ile Lewotolok yang terdaftar dalam Daftar Pemilih, untuk menggunakan hak pilih mereka pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.


"Sebagai bentuk tanggung jawab moral kita sebagai warga negara, sangat diharapkan partisipasi pemilih, terutama pemilih milenial, yang jumlahnya cukup signifikan. Nasib bangsa dan negara kelak ada di pundak anak-anak muda sekarang," tegas Hermanus Tadon.


Ferdinandus Koda, Kepala SMK Ile Lewotolok, menyampaikan apresiasi terhadap kehadiran KPU Lembata dalam tahapan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Ia mengungkapkan harapannya bahwa inisiatif seperti ini akan memberikan manfaat besar dalam meningkatkan pemahaman tentang kepemiluan dan pendidikan politik sejak usia dini kepada generasi bangsa.


"Dengan kehadiran KPU Lembata dalam kegiatan ini, SMK Ile Lewotolok mencatat sejarah baru. Semoga setiap tahun KPU Lembata selalu terlibat dalam pemilihan OSIS di SMK Ile Lewotolok dan sekolah-sekolah lainnya," tutup mantan Ketua DPRD Lembata ini.

IL