Notification

×

Prodi Penjaskesrek Sukses Gelar BSS untuk Mahasiswa Baru

Minggu, 10 September 2023 | September 10, 2023 WIB Last Updated 2023-09-10T14:50:41Z
Kegiatan BSS Prodi Penjaskesrek FKIP Undana, Sabtu (9/9/2023). Foto: Ocep Purek
Kupang, Fakta Line - Program Studi (Prodi) Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang sukses menggelar kegiatan Besik Study Skill (BSS) pada Sabtu, 9 September 2023. Acara ini berlangsung di aula Prodi Penjaskesrek, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).


Koordinator program studi, Veramyta M.M. Flora Babang, S.Pd.Jas., M.Or, menjelaskan bahawa kegiatan BSS ini merupakan bagian dari rangkaian penerimaan dan pengukuhan mahasiswa baru FKIP Undana. Tujuan utama kegiatan ini adalah melahirkan mahasiswa berkarakter, bermutu, dan berdaya saing tinggi yang siap menghadapi tantangan dan perkembangan dunia yang semakin modern.


"Kegiatan BSS menjadi wadah untuk pengenalan awal bagi seluruh mahasiswa baru tentang FKIP Undana. Ini juga merupakan tanggung jawab bagi seluruh sivitas akademika untuk membentuk mereka agar setelah selesai, hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai individu yang siap pakai dan berdaya saing," kata Veramyta.


Salah satu pemateri, Jurdan Martin Siahaan, S.Pd, M.Pd, membahas cara membangun kerja sama tim. Materi ini bertujuan untuk mengembangkan tingkat pemikiran yang tinggi, keterampilan komunikasi yang penting, meningkatkan minat, percaya diri, kesadaran bersosial, dan sikap toleransi terhadap perbedaan individu.


Menurutnya, kunci untuk membangun kerja sama tim yang baik adalah menentukan tujuan bersama, mengenali karakter setiap anggota, rajin berkomunikasi, menetapkan aturan dalam tim, dan melakukan evaluasi setiap selesai melakukan kegiatan.


Erwin S. Neolaka, S.Pd., M.Pd, yang juga menjadi pemateri, menekankan pentingnya kerjasama tim dalam mencapai visi dan misi bersama. Menurutnya, kerjasama tim juga mempercepat pencarian solusi, mengembangkan kemampuan berkomunikasi, mempererat ikatan persaudaraan, dan meningkatkan efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan.


Selama kegiatan BSS, materi yang dipaparkan mencakup cara membangun kerja sama tim, keterampilan interpersonal, dan penanganan kasus kekerasan seksual.


Kegiatan ini dihadiri dalam oleh Dr. Lukas M. Boleng, M.Kes., Veramyta M.M. Flora Babang, S.Pd.Jas., M.Or., Michael Johannes Hadiwijaya Louk, S.Pd., M.Or., Ronald Dwi Ardian Fufu, S.Pd., M.Pd., Nyoman Wahyu Esah Wijaya S.Pd, M.Pd.


Kegiatan ini menjadi langkah awal yang penting bagi mahasiswa baru FKIP Undana dalam mempersiapkan diri untuk mengejar keberhasilan akademik dan profesional di masa depan.

Ocep Purek