Notification

×

Panwaslu Ile Ape Timur Bersinergi dengan Pengawas Pemilu Desa untuk Mewujudkan Kampanye Berkualitas

Sabtu, 09 Desember 2023 | Desember 09, 2023 WIB Last Updated 2023-12-09T13:36:00Z
Foto: Humas Panwascam Ile Ape Timur
Lewoleba, Fakta Line - Sebagai bagian dari upaya mewujudkan Pemilihan Umum yang bersih dan berkualitas, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Ile Ape Timur menggelar Rapat Koordinasi Pencegahan Pelanggaran Kampanye di Desa Lamaau pada Kamis (07/12/2023) pukul 09:00 Wita.


Rapat yang dihadiri oleh Pengawas Pemilu Desa se-Kecamatan Ile Ape Timur ini dibuka oleh Aloysius Ebang, selaku Ketua Panwaslu Kecamatan. Turut hadir Muhamad Nama, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, dan Anastasius Obed Belae Lewotobi, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (HPPHM).


Dalam arahannya, Aloysius menyampaikan urgensi memahami dimulainya kampanye sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Poin-poin esensial kampanye, termasuk metode pertemuan terbatas, tatap muka, dan penyebaran alat peraga kampanye, ditekankan sebagai bagian integral dari proses demokratisasi.


"Kami ingin memastikan bahwa kampanye dilaksanakan dengan tertib dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Peserta Pemilu perlu memahami dan mengikuti ketentuan yang diatur dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2023," ungkap Aloysius.


Dia juga menekankan kepada Pengawas Pemilu Desa sebagai ujung tombak pengawasan di lapangan untuk memperkuat pemahaman mereka terkait Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2023, Peraturan Bawaslu Nomor 7 Tahun 2023, dan Peraturan Bawaslu Nomor 11 Tahun 2023 yang berkaitan dengan pengawasan kampanye.


Dalam suasana interaktif, Gregorius Gala, salah satu Pengawas Desa, memberikan tanggapannya terkait rapat tersebut, “Rapat ini sangat bermanfaat bagi kami karena kami yang berhadapan langsung dengan masyarakat ataupun Parpol, sehingga ini menjadi bekal dalam pengawasan di lapangan."


Sementara Obed Lewotobi, Koordinator Divisi HPPHM, menyoroti pentingnya rapat koordinasi sebagai bagian dari agenda rutin setiap minggu bersama Pengawas Pemilu Desa. "Kegiatan rapat koordinasi ini menjadi angenda rutinitas setiap minggu bersama PKD. Bahkan, dalam situasi yang dianggap urgensi dan perlu, rapat koordinasi harus dilaksanakan, terkait strategi-strategi pengawasan untuk menghadapi pelaksanaan kampanye," tegas Obed.


Dia juga berharap agar Pengawas Pemilu Desa dapat mengutamakan pencegahan pelanggaran pada tahapan kampanye dan tetap berkoordinasi dengan hierarki untuk mengatasi temuan atau dugaan pelanggaran sesuai mekanisme yang berlaku.

Humas Panwascam Ile Ape Timur