Notification

×

Hadapi Tantangan Ekonomi, Kadis Koperasi Kota Kupang Dorong KSP Solidaritas Fokus pada UMKM

Sabtu, 27 Januari 2024 | Januari 27, 2024 WIB Last Updated 2024-01-27T15:17:49Z
Anggota KSP Kopdit Solidaritas Cabang Utama Kupang Kota sedang mengikuti kegiatan Pra RAT Tahun Buku 2023. Foto: Gega Making 
Kupang, Fakta Line - Dalam upaya memperkuat ekonomi masyarakat, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Kupang, Eben Ndapamerang, mendorong anggota KSP Kopdit Solidaritas untuk fokus membangun usaha.


"Uang yang dipinjam, jika digunakan untuk konsumtif, tidak akan membawa sejahtera. Namun, jika dikelola untuk UMKM, maka kita akan meraih keberhasilan bersama," ujar Ndapamerang dengan penuh keyakinan saat membuka kegiatan Pra Rapat Anggota Tahunan (RAT) XXXII Tahun Buku 2023 KSP Kopdit Solidaritas Sta. Maria Assumpta Cabang Utama Kupang Kota di Aula Hotel Cahaya Bapa pada Sabtu, 27 Januari 2023.


Dengan jumlah koperasi mencapai 897 unit di Kota Kupang, Ndapamerang menyadari persaingan yang ketat untuk menambah anggota. Namun, ia juga mengingatkan bahwa banyak koperasi yang tidak aktif karena kesalahan pengurus. "Banyak yang memberikan pinjaman yang tidak tepat sasaran. Berikan pinjaman pada anggota namun sulit untuk dikembalikan," ungkapnya.


Terkait pertumbuhan Sisa Hasil Usaha (SHU), Ndapamerang menyampaikan bahwa Koperasi Solidaritas mengalami pertumbuhan yang sangat baik, mencerminkan partisipasi dan keterlibatan anggota yang positif.


Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pengurus KSP Kopdit Solidaritas, Yohanes Made Supadi, SE, MSi, menyampaikan bahwa kegiatan Pra RAT kali ini dilakukan lebih awal dari biasanya, menandakan upaya perbaikan tata kelola oleh Pengurus, Pengawas, Panasihat Periode 2023-2025, dan Tim Manajemen.


Menurut Supadi, sejak dilantik tahun lalu, perbaikan dilakukan pada aspek tata kelola, profil resiko, kinerja keuangan, dan kinerja permodalan.


"Upaya ini terlihat dari Capaian di Tahun Buku 2023 ini diantaranya adalah terjadinya perbaikan terhadap mekanisme pelaporan keuangan yang dapat mempercepat proses pengambilan keputusan," kata Supadi.


Ketua Dewan Pengurus ini menyebut, Cabang Kupang Kota mengalami kenaikan Simpanan anggota (Non Saham) atau simpanan kepercayaan yang mencapai 80,28% setara dengan Rp 33,8 M dari total pembiayaan aset Kupang Kota yang saat ini mencapai Rp 84,3 M naik sebesar Rp 2,7 M atau 3,42% dibanding tahun 2022.


"Jumlah ini terus memampukan Keuangan Cabang Kupang Kota untuk membiayai pelepasan pinjaman selama tahun 2023 sebanyak Rp 23,6 M dari total pelepasan pinjaman Cabang Kupang Kota sampai dengan Tahun 2023 yang telah mencapai sebesar Rp 64,1 M," tuturnya.


Tidak hanya itu, perbaikan juga terjadi pada capaian SHU di tahun 2023 yang mengalami kenaikan sebesar Rp 742.067.908 (naik 34%).


Sementara 60% dari SHU gabungan atau sekitar Rp 1,33 M akan dibagikan kepada seluruh anggota sesuai kontribusi masing-masing anggota setelah RAT nanti tanggal 4 Februari 2024. "Silahkan bapak/Ibu anggota cek pada tabungan SIBUHAR masing-masing setelah tanggal 4 Februari 2024 nanti," ucap Supadi.


Ia juga menegaskan komitmen untuk menjaga transparansi, keadilan, dan kepentingan anggota. "Hal ini ditandai di Tahun 2022 Kopdit Solidaritas diaudit oleh akuntan publik dari Jakarta, tepatnya tanggal 3 Februari 2022 dengan hasil wajar dengan pengecualian (WDP," kata Supadi.


Selain itu, Pemerintah juga melalui Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT melalui pejabat Pengawas Koperasi secara rutin setiap tahun melakukan pemeriksaan kesehatan. "Tahun lalu kita mendapatkan skor 84,77 masuk dalam kategori sehat," ujarnya.


Sementara Plt. Manager KSP Kopdit Solidaritas Cabang Kupang Kota, Elviana Monika Nona, S.KOM, menjelaskan bahwa penyelenggaraan Pra RAT didasarkan pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. AD Bab V pasal 13 ayat 1, 2, 3, 4, dan ART Bab II pasal 8 KSP Kopdit Solidaritas. Keputusan tersebut juga melibatkan hasil rapat gabungan pengurus, pengawas, dan Manajemen pada 16 Desember 2023, yang membahas pembentukan panitia RAT Tahun Buku 2023.


"Kami akan mengevaluasi pelaksanaan program kerja dan RAPB Tahun Buku 2023, membahas program kerja dan RAPB Tahun 2024, serta membuat rekomendasi untuk disampaikan pada RAT. Anggota yang diundang, sebanyak 1.050 orang, mengikuti secara tatap muka dan daring," kata Elviana menjelaskan tujuan kegiatan ini.


Ia juga berharap bahwa hasil Pra RAT ini akan menghasilkan keputusan-keputusan yang mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan KSP Kopdit Solidaritas pada masa-masa mendatang.

GM