Notification

×

Jelang Pemilu, Pj. Gubernur NTT Beri Peringatan Kepada ASN

Kamis, 18 Januari 2024 | Januari 18, 2024 WIB Last Updated 2024-01-18T11:00:03Z
Foto: Biro APS NTT
Kupang, Fakta Line - Dalam upaya membangun karakter dan menumbuhkan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN), Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G.L. Kalake, SH., MDC, memimpin Apel Kesadaran Lingkup Pemprov NTT.


Bertempat di Halaman Gedung Sasando Kantor Gubernur pada Rabu (17/1/24), Ayodhia, sebagai Pembina, menekankan pentingnya apel sebagai momen evaluasi dan silahturahmi.


Dalam amanatnya, Pj. Gubernur NTT menyampaikan bahwa pelaksanaan apel setiap tanggal 17 bukan sekadar rutinitas, melainkan kesempatan untuk informasi dan evaluasi tugas ASN.


Ayodhia mengingatkan akan Pemilu 2024 yang mendekat, menekankan pentingnya netralitas ASN untuk menjaga kinerja profesional.


"Netralitas memiliki prinsip tidak berpihak, bebas dari pengaruh manapun," jelas Ayodhia. Turut menghimbau agar ASN tetap netral dan bijak dalam bersosial media, terutama di masa kampanye.


Ayodhia memperingatkan bahwa ketidaknetralan ASN dapat menghambat pelayanan publik, mengurangi profesionalisme, dan merugikan kinerja.


"Kesejahteraan ASN menjadi prioritas untuk meningkatkan kinerja," tambah Pj. Gubernur Ayodhia, sambil mengingatkan agar Pemerintah Provinsi NTT tetap memperhatikan kesejahteraan ASN dengan memberikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sepanjang tahun 2024.


Selanjutnya, Pemerintah Provinsi NTT memberikan penghargaan kepada Perangkat Daerah yang aktif menerapkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) hingga Desember 2023. Beberapa di antaranya adalah Dinas Kesehatan, Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT (peringkat teraktif I), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT (peringkat teraktif III), serta Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT (peringkat teraktif IX).


Provinsi NTT meraih Penghargaan Peringkat Terbanyak Ke-II dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk Wilayah Indonesia Timur. Selain itu, berdasarkan hasil penilaian Audit Pengelolaan Arsip Elektronik (APAE) ANRI, Provinsi NTT mendapat Indeks Tingkat Digitalisasi Arsip "A" (Memuaskan) dan Nilai Hasil Pengawasan Kearsipan "Baik" untuk tahun 2023.


Hadiri dalam acara tersebut, Asisten I Setda NTT Dra. Bernadeta Meriani Usboko, M.Si, Asisten III Setda NTT Samuel Halundaka, S.IP. M.Si, dan para pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTT.


Berharap ASN terus bekerja keras dan mencapai target pada tahun 2024, Ayodhia menutup amanatnya dengan semangat meningkatkan kinerja dan perhatian terhadap kesejahteraan ASN.

Biro APS NTT