Notification

×

Komunitas Audio Lembata Peringati Hari Buruh Sedunia dengan Tanam Pohon di Pantai Mingar

Kamis, 02 Mei 2024 | Mei 02, 2024 WIB Last Updated 2024-05-02T02:05:53Z
Foto: Dok pribadi Komunitas Audio Lembata
Lewoleba, Fakta Line - Rayakan hari buruh sedunia Komunitas Audio Lembata menggelar penanaman pohon di Pantai Mingar Desa Pasir Putih Kecamatan Nagawutung pada Rabu (01/05).


Stefanus Emanuel Nuba Purek koordinator kegiatan ini mengatakan aksi penanaman pohon sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan pantai ditengah perubahan iklim yang tak tentu.


"Pantai Mingar merupakan salah satu pantai wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan.  Untuk itu kehadiran kami dalam aksi ini sebagai wujud kepedulian terhadap pantai agar terhindar dari bahaya bajir rob (air pasang besar yang menyebabkan luapan air laut) dan erosi," ungkap owner Purek Audio.


Lanjut Stefanus Purek, melalui kegiatan penanaman pohon akan dapat memberikan manfaat di masa mendatang, baik dari aspek konservasi lingkungan, pengembangan ekowisata, dan juga upaya pelestarian ekosistem pantai serta merehabilitasi kembali lahan pesisir.


Frans, salah satu peserta kegiatan berharap kegiatan positif ini dapat terus dilanjutkan sebagai upaya bersama untuk menjaga ekosistem kelestarian lingkungan, juga sebagai bentuk tanggung jawab bersama. 


"Untuk itu, melalui kegiatan ini saya berharap mampu menumbuhkan kesadaran serta kepedulian secara kolektif untuk terus menjaga dan melestarikan ekosistem pantai demi kelestarian sumber daya," ujar owner Ular Hijo Audio.


Sementara Kepala Desa Pasir Putih Wenseslaus Bala Papang saat membuka kegiatan memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh komunitas audio Lembata. 


"Selaku pimpinan Desa Pasir Putih saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Audio Lembata atas terselenggaranya kegiatan ini. Desa Pasir Putih yang memiliki garis pantai, mestinya dijaga dari bahaya abrasi pantai melalui penanaman pohon," ungkapnya. 


Selain mengapresiasi atas kegiatan ini, dirinya berharap suasana kebersamaan bersama Komunitas Audio Lembata ini terus dipupuk.


"Saya berharap kebersamaan kita ini terus dipupuk. Pada tempat ini, selaku pimpinan Desa saya mengundang Komunitas Audio Lembata untuk turut mengambil bagian dalam kegiatan Hari Ulang Tahun Desa tanggal 26 Juli 2024 mendatang," harap Wens Bala.


Untuk diketahui bahwa aksi ini melibatkan 20an peserta. Kehadiran para peserta diterima oleh secara langsung oleh Kepala Desa Pasir Putih Kecamatan Nagawutung. (*)